Menu

RENDAHNYA KEPATUHAN DAN DUKUNGAN KE PEMIMPIN

Jujur bagian ini sulit jelaskannya.. Terlebih kalau ketemu sama orang yang biasa mimpin tapi ga biasa dipimpin, Why?

Ada yang pernah mengatakan demikian “bisa mimpin orang lain belum tentu bisa dipimpin orang lain”. Sederhana tapi dalam. Butuh kedewasaan dan keluasan mental menerimanya.

Ya sering kita jumpai keadaan yang demikian. Ada orang-orang yang maunya mimpin, memerintah, memberikan usul kritik, tapi pada saat yang bersangkutan dipimpin, diperintah, diberikan tugas eh ternyata yang bersangkutan tidak mampu atau tepatnya tidak mau ding. Kenapa? Karena bagi sebagian orang gengsi lho diperintah-perintah oleh orang lain sekalipun itu pimpinannya.

Ketidakpatuhan dan rendahnya dukungan ke pimpinan menyebabkan sulit terbangun kerjasama dan sistemasi.

Perlu diketahui:

1. Pimpinan adalah orang yang diamanahi dan diberikan kewenangan sebagai pengambil keputusan. Jadi suka atau tidak selama itu bukan suatu perbuatan tercela maka anggota harus patuh dan berlapang dada menerima dan melaksanakan.

2. Tidak selamanya kok seseorang itu selalu jadi pimpinan, beda tempat, beda waktu mungkin gilirannya jadi anggota atau pengikut. Ya saat itulah kita harus dewasa untuk patuh dan berikan dukungan sekalipun ego kita tidak menyukainya. Sabar.. Sabar.. Sabar..

Jika anggota tidak patuh dan tidak mendukung pimpinan maka ini akan melemahkan kewibawaan organisasi dan bisa merusak dinamika. Atau memang itu yang Anda mau? Janganlah..!!

——–

Kami telah mengembangkan modul yang simple – fun – applicable – useful dalam pengembangan SUPERTEAM & SISTEMASI untuk perusahaan.

DODDY FAISAL HUMAINI
Trainer Superteam & Sistemasi

Info training:
www.superteam-sistemasi.com
Call 031-5036409 / 08563055445